Benarkah Hulk Terinspirasi dari Buto Ijo?

Image by Alexander Gounder from Pixabay
Hulk. (Alexander Gounder via Pixabay)

Kalian tentu tahu dong dengan karakter Hulk? Raksasa hijau ganas yang kini dikenal sebagai superhero sejak muncul di film Avengers itu, lo. Lalu, sebagian dari kamu juga pasti pernah mendengar Legenda Buto Ijo yang cukup seram, kan?

Banyak orang Indonesia menjuluki Hulk dengan sebutan Buto Ijo. Bahkan, ada bisik-bisik yang mengatakan karakter monster raksasa hijau asal Amerika Serikat itu aslinya terinspirasi dari makhluk legenda yang populer di Pulau Jawa tersebut.

Namun pada kenyataannya, bila kita rajin mencari informasi, warna hijau pada Hulk tak ada hubungannya dengan makhluk Buto Ijo. Bahkan, Hulk itu di komik asli terbitan Marvel, ada yang berwarna abu-abu.

Nah, bila dikatakan Hulk terinspirasi dari Buto Ijo, itu salah besar. Menurut pengarangnya, mendiang Stan Lee, Hulk itu terinspirasi dari karakter cerita klasik Eropa abad ke-19, Strange Case of Dr Jekyll and Mr Hyde.

Dalam kisah tersebut, Dr. Jekyll dan Mr. Hyde berada di dalam raga yang sama namun kepribadian mereka sama sekali berbeda. Dr. Jekyll adalah seorang dokter yang berperangai wajar, sedangkan Mr. Hyde adalah sosok yang mudah emosi. Mirip Hulk yang punya kepribadian manusia bernama Bruce Banner, kan?

Lalu untuk desain Hulk sendiri, diambil dari penggambaran makhluk di novel Frankenstein yang juga pertama kali terbit di Eropa pada abad 19. Mengenai visualisasi makhluk tersebut, sebetulnya Hulk sangat mirip dengan citra monster dalam film Frankenstein yang rilis pada 1931.

Komik The Incredible Hulk pertama kali terbit pada tahun 1962. Termasuk karakter yang cukup muda jika dibanding dengan Superman atau Batman yang masing-masing rilis perdana pada 1938 dan 1939.

Sedangkan untuk sosok Buto Ijo sendiri sebetulnya jauh lebih tua dari karakter-karakter superhero Amerika maupun novel-novel Eropa tersebut. Bahkan, legenda Buto Ijo mungkin saja sudah ada sebelum berdirinya Kerajaan Majapahit. Mungkin lo, ya. Makanya tak heran kalau orang kita suka menyocoklogikan Hulk terinspirasi dari Buto Ijo.

Tapi kalau ada yang menjuluki Hulk dengan sebutan Buto Ijo, tak salah juga sih. Dua-duanya sama-sama raksasa yang gampang mengamuk, bisa menimbulkan korban jiwa, berbadan besar, apalagi? 

Bedanya ya kalau Hulk hanya merusak benda dan mementalkan orang saat marah, Buto Ijo bisa memakan orang dan tega menculik anak. Kalau Hulk dicari untuk membantu superhero, Buto Ijo dicari untuk pesugihan.  

Jadi, sekarang sudah jelas kan kalau Hulk sebenarnya bukan terinspirasi dari Buto Ijo.

Untuk sekadar info, Hulk itu aslinya digambar oleh mendiang Jack Kirby yang juga mendesain Captain America dan Thor. Sedangkan Stan Lee hanya menuliskan asal-usul karakter dan naskah ceritanya saja. Jadi Stan Lee itu bukan tukang gambar, ya. Begitu.

Komentar

  1. Bisa aja sih dapat inspirasi dari buto ijo, tapi mereka tak mau meniru kisah2nya ... Salam kenal dari Minda Art Production

    BalasHapus

Posting Komentar